Badung Gelar Sosialisasi Pelaporan Pajak Daerah Online

Posted in Berita | Posted by admin_dispenda | December 26th, 2012 | No Comments

MANGUPURA – Untuk mewujukan tata kelola pemerintahan yang bersih dan transparan, Pemkab Badung berkomitmen melaksanakan pembayaran Pajak Hotel Restoran (PHR) dan pelaporan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) secara elektronik (online).  Guna memantapkan pelaksanaan tersebut, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Badung menggelar sosialisasi SPTPD online di ruang pertemuan Dispenda Badung Sempidi, Rabu (12/12) kemarin. Materi sosialisasi diberikan kepada asosiasi di sektor pariwisata dan sejumlah wajib pajak (WP), dengan penyaji oleh Sekretaris Dispenda Badung A.A. Arimayun didampingi Kabid Pendataan I Made Sutirtha, dan Kasi Pendataan Ni Made Suarti. Hadir pula Kasi Dokumentasi A.A. Bagus Mahaputra, Kasi Pendaftaran A.A. Damar Negara dan konsultan pendamping Agus Adiana.

“Kegiatan pelaporan online ini dilakukan karena sistem pelaporan pajak selama ini belum efektif dan efisien karena membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga. Sistem ini untuk memberikan kemudahan kepada WP dalam pelaporan pajak daerah,” ujarnya.

Komitmen penerapan sistem online ini juga untuk meningkatkan mutu pelayanan. “Semula, WP harus dating langsung melaporkan pajak daerah ke Dispenda, sekarang dapat melapor secara online melalui klik internet,”katanya.

Pertimbangan lainnya, sambungnya, untuk mengoptimalkan pengelolaan pendapatan daerah terutama mempercepat peningkatan transparansi penyetoran dan pelaporan pajak. “Terkahir untuk mempercepat realisasi penerimaan pendapatan daerah dari sektor pajak,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Kadispenda Badung I Wayan Adi Arnawa menyampaikan, pengadaan SPTPD online dan pelaksanaan penerimaan pembayaran dan pemindahbukuan hasil penerimaan pembayaran pajak secara elektronik merupakan langkah awal prioritas dari pelaksanaan pajak online. Keterlambatan atau tidak menyetor SPTPD dari batas waktu yang ditentukan akan ditetapkan secara jabatan dan dikenakan sanksi berupa kenaikan pajak sebesar 25 persen dari ketetapan pokok. Saat ini, sistem dan perangkat yang ada sudah sangat mendukung. “Perlahan namun pasti, sistem pelaporan dan pembayaran secara online ini menjadi embrio untuk penerapan PHR secara real time. Kami mohon dukungan semua pihak terkait dalam penerapan sistem ini,” tukas Adi Arnawa.

Sementara itu, Konsultan Online Agus Adiana menerangkan WP akan mendapat password tersendiri untuk mulai masuk ke sistem ini. Selain untuk pelaporan, sistem ini juga menjadi ajang interaksi elektronik antara Dispenda dengan WP. “Selain pelaporan SPTPD, sistem ini juga akan menegur WP yang tidak taat melapor, termasuk juga berisi pengaduan dan informasi terkait perkembangan pajak daerah,” ujarnya.

Di bagian lain, Ketua Komisi C DPRD Badung IGA Jaya Adiputra, ST memberi apresiasi atas langkah inovasi yang digagas oleh Dispenda Badung. Sistem online ini sebagai upaya kongkret Pemkab Badung untuk mengoptimalkan pengelolaan pendapatan daerah, terutama yang bersumber dari pajak daerah.

“Penerapan sistem ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi pemungutan serta untuk mewujudkan transparansi dalam pengelolaan pajak daerah secara online yang akan dilakukan secara bertahap,” ujarnya seraya menyatakan kesiapan untuk menyokong dari sisi anggaran sepanjang diperlukan untuk mendukung peningkatan pendapatan daerah.

Comments are closed.